Kantor Arsip gelar pameran foto tempo dulu

Bogor (Antara) - Kantor Arsip Daerah Kota Bogor menggelar pameran fotor Bogor Tempo Dulu yang menampilkan 100 lebih foto tentang Bogor dari masa ke masa, Rabu.

Pameran foto tersebut digelar di pusat perbelanjaan Bogor Trade Mall (BTM) lantai 3, dibuka secara resmi oleh  Asisten Administrasi Umum Arief Mustofa Budianto.

"Pameran ini menampilkan 100 foto mulai dari fotor-fotor wali kota yang berkuasa pada masa pemerintahan Belanda hingga saat ini," kata Ketua Panitia Penyelenggara, Sudarma.

Sudarma menyebutkan, foto yang ditampilkan merupakan arsip yang dimiliki Kantor Arsip Daerah Kota Bogor.

Foto tersebut memperlihatkan kondisi Bogor di masa dulu seperti sejumlah ruas jalan protokol, stasiun hingga kendaraan delman yang menjadi alat transportasi pada masa itu.

"Kami sengaja menggelar pameran Foto jaman baheula (tempo doeloe-red) untuk mengenalkan kepada masyarakat dan para pengunjung yang sedang berkunjung ke pusat perbelanjaan mengetahui keadaan Bogor pada zaman dulu," katanya.

Sudarman menyebutkan diharapkan pelaksanaan pameran fotor "Bogor Toempoe Doeloe" ini dapat membuat masyarakat lebih mengenal sejarah Kotanya.

"Dengan pameran ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap kotanya," katanya.

Pameran ini, lanjut dia, berlangsung selama tiga hari mulai hari ini, dimulai dari Selasa (25/6) kemarin hingga Kamis (27/6) besok.

"Kami memilih BTM sebagai tempat penyelengaraan, karena pusat perbelanjaan ini banyak dikunjungi oleh para pembeli baik yang datang dari dalam maupun luar kota," katanya.

Pelaksanaan pameran foto Bogor Tempoe Doeloe ini dikemas dengan suguhan Rampak Gendang, Tari Jaipong Kreasi Bajidor Kahot, dan Dongeng oleh Aprilianie Elnuzi siswi SD Kebon Pedes 1, Juara Dongeng Tingkat SD se-Kota Bogor.

Sementara itu, kehadiran pameran foto "Bogor Tempoe Doeloe" ini menarik perhatian para pengunjung.

Para pengunjung diajak bernostalgia dengan Bogor pada zaman dahulu.

"Ooo, Kota Bogor seperti ini ya dulunya, bagus sepertinya sejuk," ujar Opang (37) salah satu pengunjung pameran asal Ciamis.

Opang mengaku sedang berkunjung ke salah satu keluarganya di Kota Bogor, dia diajak kerabatnya berjalan-jalan ke BTM yang kebetulan saat itu sedang menggelar pameran foto perjalanan sejarah Kota Bogor.

"Wah saya baru tahu, kalau Kota Bogor dulunya seperti ini. Di tahun ini saya belum lahir, nih," katanya.

Pengunjung lainnya antusias melihat foto-foto Bogor zaman dulunya.

"Saya jadi teringat semasa kecil sering diajak jalan  jalan oleh orang tua saya melintasi jalan ini," kata Kurnaen (50) salah satu pengunjung menunjuk foto tempoe doeloe Jembatan Merah.