Bogor, 18/11 (ANTARA) - Jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah mengalami peningkatan signifikan.  
"Peningkatan cukup signifikan terjadi pada Kamis (15/11) tepat di Hari Tahun Baru Islam, total pengunjung Kebun Raya Bogor mencapai 8.995 orang," kata Suciyasno, staf administrasi tiketing Kebun Raya Bogor di Bogor, Minggu.

Sementara itu, kata Suciyasno, pada hari Jumat (16/11) jumlah pengunjung juga meningkat dari hari biasa, yakni sebanyak 3.301 pengunjung dan Sabtu 5.772 orang pengunjung.

Menurut Suciyasno, jumlah pengunjung pada libur akhir pekan tersebur meningkat dibanding hari biasa dan hari pekan lainnya.
"Kalau hari biasa (Senin-Jumat) jumlah pengunjung Kebun Raya Bogot rata-rata 1.000 hingga 1.500 orang. Sedangkan untuk akhir pekan sekitar 4.000 orang," katanya.

Suciyasno mengatakan, pada Kamis jumlah pengunjung jauh lebih banyak dari pada Jumat dan Sabtu karena hampir sebagian orang libur sehingga banyak yang datang berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Sementara itu, pada hari Jumat, tidak semua orang libur sehingga jumlah pengunjung tidak terlalu padat.
"Tapi, bila dibandingkan pada hari Jumat biasanya jumlah pengunjung pada akhir pekan ini jauh lebih banyak," ujarnya.

Untuk hari Sabtu, jumlah pengunjung tergolong normal, karena dipengaruhi oleh hujan yang turun sejak siang sehingga mempengaruhi kunjungan ke Kebun Raya Bogor.
Bila dibandingkan dengan akhir pekan sebelumnya yakni Sabtu (10/11) jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor hanya 3.192 orang dan Minggu (11/11) tercatat sebanyak 5.667 orang pengunjung.

Suciyasno menyatakan, setiap akhir pekan dan libur nasional, Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi para wisatawan. Seperti pada libur Idul Adha Oktober 2012 lalu, selama tiga hari 5.000-an pengujung mendatangi kebun peninggalan Belanda tersebut.

Berdasarkan catatan adminsitrasi Kebun Raya Bogor, pada Jumat (26/10) jumlah pengunjung mencapai 6.297 orang, lalu Sabtu (27/10) sebanyak 6.061 pengunjung dan 5.461 pengunjung di hari Minggu (28/10).

Suciyasno mengatakan, pengunjung yang datang pada libur tahun baru Islam tersebut kebanyakan kalangan masyarakat umum atau wisawatan loka dan beberapa mancanegara.

Para pengunjung tersebut datang ke Kebun Raya Bogor untuk berwisata bersama sanak keluarga, sambil rekreasi menikmati pemandangan yan ada.

Selama libur akhir pekan lanjut Suciyasno, pihaknya membuka empat pintu masuk yakni pintu satu, dua, empat dan pintu Gedun Konservasi untuk kendaraan roda dua.

"Hari biasa hanya buka dua pintu masuk. Hal ini hanya untuk menghindari antrian pengunjung yan akan masuk," katanya.

 

Laily R

Editor:
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaraBogor.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar