Minggu, 25 Juni 2017

BMKG : Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

id BMKG, hujan, petir, peringatan dini, angin kencang, Jabodetabek, bogor
BMKG : Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
Ilustrasi - Dua warga menaiki sepeda menembus hujan di jalan Merdeka Selatan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Hujan ringan diprediksi masih terjadi di wilayah Bogor, Bekasi, Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara pada dini hari.
Bogor (Antara Megapolitan) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada Jumat, yang terjadi di wilayah Jabodetabek yakni Tanggerang, Depok, Jakarta Selatan dan Bogor.

BMKG memprediksikan hujan yang disertai petir dan angin kencang akan terjadi pada sore dan malam hari. Adanya kemungkinan cuaca buruk tersebut, BMKG mengeluarkan informasi peringatan dini khususnya bagi wilayah Jabodetabek.

Secara umum prakiraan cuaca di wilayah Jabodetabek berdasarkan informasi dari BMKG, pagi hari umumnya berawan, potensi hujan ringan terjadi di Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara.

Sedangkan pada siang dan sore hari, potensi hujan diperkirakan terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat. Sementara di wilayah Jakarta Selatan, Tanggerang, Depok, Bogor dan Bekasi diprediksi terjadi hujan sedang.

Pada malam hari, hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Bogor. Sedangkan potensi hujan sedang di wilayah Tanggerang, Depok, Bekasi dan Jakarta Selatan.

Hujan ringan diprediksi masih terjadi di wilayah Bogor, Bekasi, Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara pada dini hari.

Suhu udara di wilayah Jabodetabek berkisar antara 23-33 derjat celcius, dengan kelembapan udara antara 55 sampai 95 persen. Dan arah angin bertiup dari Barat Daya menuju Barat Laut dengan kecematan antara 05 sampai 30 km per jam.

Sementara itu, prakiraan cuaca untuk wilayah Jawa Barat, pagi hari pada umumnya berpotensi cerah berawan dan potensi hujan ringan terjadi di wilayah Pangandaran dan Tasikmalaya Selatan.

Antara siang dan sore hari, potensi yujan ringan terjadi hampir diseluruh wilayah Jawa Barat. Dengan potensi hujan sedang di wilayah Garut Utara, Tasikmalaya Utara, sebagian Sumedang Selatan dan Majalengka Selatan.

Malam hari masih berpotensi hujan ringan di hampir seluruh wilayah Jawa Barat, dengan potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bogor, Bekasi Selatan, Karawang Selatan, Cianjur Utara, Bandung, Garut Utara, Tasikmalaya Utara, Sumedang, Majalengka, Kuningan Selatan, Cirebon Selatan dan Subang Selatan.

Hujan ringan diprediksi masih berpotensi terjadi hingga dini hari di wilayah pesisir pantau utara Jawa Barat.

Untuk suhu udara wilayah Jawa Barat bagan utara berkisar antara 23 sampai 34 derjat celcius, dengan kelembapan udara 55 sampai 95 persen dan suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan 20 sampai 32 derjat celcius, serta kelembapan udara antara 55 sampai 96 persen. Arah angin bertiup dari Barat Daya menuju Barat Laut dengan kecepatan 05 sampai 30 KM per jam.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga