Rabu, 29 Maret 2017

Ribuan Pelajar-Masyarakat Tanam Mangrove Di Pesisir Karawang

id mangrove, penanaman pohon bakau, pelajar, pesisir utara Pantai Pedes, Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih
Ribuan Pelajar-Masyarakat Tanam Mangrove Di Pesisir Karawang
Ilustrasi - Sejumlah akan melakukan penenaman mangrove di muara Wonorejo Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Fiqih Arfani/Dok)
Ada sekitar 200 ribu pohon bakau yang ditanam dalam kegiatan ini, tujuannya untuk menghijaukan Pantai Utara Karawang.
Karawang (Antara Megapolitan) - Ribuan pelajar dan masyarakat bersama sejumlah perusahaan melakukan penanaman pohon bakau di wilayah pesisir utara Pantai Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Ada sekitar 200 ribu pohon bakau yang ditanam dalam kegiatan ini, tujuannya untuk menghijaukan Pantai Utara Karawang," kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono, di Karawang, Rabu.

Kegiatan penanaman pohon bakau di Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar yang digagas PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini melibatkan sekitar 1.000 pelajar SMP dan SMA.

Ia mengatakan, selain menghijaukan pantai di Karawang yang rawan terkena abrasi, tujuan kegiatan ini melibatkan pelajar agar tertanam kesadaran di kalangan masyarakat dan pelajar tentang pentingnya kawasan hutan bakau di wilayah pesisir.

Ribuan pelajar dilibatkan dalam kegiatan ini agar mereka mebjadi bagian dari upaya perbaikan ekosistem serta peningkatan kualitas kehidupan kota.

Menurut Warih, Grup Toyota telah melakukan penanaman pohon mangrove sejak 2012. Kegiatan itu telah digelar di Kepulauan Seribu, Bekasi, Karawang, Semarang, Kendal, Demak hingga Banyuwangi.

"Kami menginginkan agar ada upaya pelestarian lingkungan hidup, jadi dilakukan penanaman hutan bakau secara rutin di wilayah pesisir," katanya.

Pada tahun ini, pihaknya bersama pemasok lokal dan dealer berencana menanam 300 ribu pohon bakau di wilayah pesisir Karawang, Semarang serta Kendal.

"Dengan begitu, hingga tahun ini akan tercatat lebih dari sejuta pohon bakau yang kami tanam di sepanjang pesisir utara," kata dia.

Sementara itu, kegiatan penanaman pohon mengrove di wilayah pesisir utara Karawang, Rabu ini dihadiri perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wagub Jabar Deddy Mizwar, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, sejumlah Direksi PT TMMIN.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga