Minggu, 23 April 2017

Pangdam III/siliwangi Pastikan Pengamanan Kunjungan Raja Salman

id Pengamanan, Kodam III/ Siliwangi, Pangdam, Mayjen TNI M Herindra, tamu kenegaraan, Raja Salman, Raja Arab Saudi, TNI, Polri, istana bogor, bogor
Pangdam III/siliwangi Pastikan Pengamanan Kunjungan Raja Salman
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra melakukan inspeksi pasukan saat Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan tamu negara Raja Salman dari Arab Saudi di Stadion Pajajaran, jalan Pemuda, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/2). (Foto Antara/Arif Firmansyah/Dok)
Kita pastikan kesiapan pengamanan VVIP, tim keamanan lengkap, semua siaga, ada Korem 061, ada Kapolresta, dan Pemkot Bogor siap mendukung.
Bogor (Antara Megapolitan) - Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra memastikan kesiapan seluruh tim pengamanan VVIP dalam rangka kedatangan tamu negara Raja Arab Saudi dengan memimpin langsung apel gelar pasukan di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pangdam menyatakan seluruh personel keamanan telah siaga dan diminta untuk peka terhadap segala macam situasi yang mungkin terjadi.

"Kita pastikan kesiapan pengamanan VVIP, tim keamanan lengkap, semua siaga, ada Korem 061, ada Kapolresta, dan Pemkot Bogor siap mendukung," kata Pangdam.

Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan tamu negara kunjungan Raja Arab Saudi, Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud diikuti ribuan personel gabungan dan apel digelar pukul 15.00 WIB.

Dalam arahannya Pangdam menyampaikan, Raja Salman akan datang ke Istana Bogor pada Rabu 1 Maret 2017, seluruh personel yang terlibat diingatkan untuk tahu dan mengerti akan tugasnya.

Menurutnya, pengamanan Tamu Negara Raja Arab Saudi menjadi tugas yang menuntut tanggungjawab penuh, karena tugas yang akan dilaksanakan merupakan representasi harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata masyarakat dunia.

"Semua harus peka akan keadaan wilayah, apabila ada hal yang menonjol segera laporkan," kata Herindra.

Personel keamanan gabungan yang dilibatkan mencapai 2.200 orang, terdiri dari TNI dan Polri yang berada di wilayah Kodam III/ Siliwangi.

"Laksanakan tugas dengan baik, dan jaga faktor keamanan. Berdayagunakan seluruh kemampuan kita demi meminimalisir resiko ancaman yang bisa datang setiap saat," katanya.

Herindra menambahkan, seluruh personel telah memahami tugasnya masing-masing, terutama menghadapi situasi darurat untuk melakukan pengamanan sesuai dengan prosedur, serta memegang teguh hirarki komando, tidak bekerja sektoral, tetapi selalu berkoordinasi dan saling memberikan informasi antara tim pengamanan lainnya.

Apel gelar pasukan pengamanan Tamu Negara Raja Arab Saudi berlangsung ditengah guyuran hujan yang melanda Kota Bogor. Hujan lebat disertai kilat dan petir tidak menyulutkan nyali personel untuk mendengarkan arahan.

Setelah menyampaikan arahan, apel gelar pasukan ditutup, walau berlangsung singkat, seluruh personel memahami tugas dan fungsinya masing-masing.

Personel keamanan dibawah Komando Kodam III/ Siliwangi bertugas di area ring II dan Ring III memastikan pengamanan jalur dan pengamanan di luar ring satu.

Pada tanggal 1 Maret besok, kedatangan Raja Salman beserta rombongannya nanti diinformasikan pula akan dilakukan sterilisasi jalur yang akan dilewati.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jagorawi menginformasikan akan ada penutupan akses keluar gerbang tol (GT) Bogor Tol Jagorawi pada 1 Maret 2017 sekitar pukul 12.30 sampai dengan 13.30 WIB.

Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi jalur yang digunakan oleh tamu negara. Pengguna jalan menuju ke Kota Bogor diimbau untuk menggunakan akses keluar alternatif lainya, yakni melalui GT Sentul atau GT Ciawi.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga