Jumat, 24 Februari 2017

Dinkes Kota Bogor Kampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat

id germas, gerakan masyarakat hidup sehat, dinas kesehatan, Dinkes kota Bogor, wali kota Bogor, Bima Arya, kementrian kesehatan, presiden RI, Joko Widodo
GERMAS juga menganjurkan masyarakat rutin memeriksakan kesehatannya, dengan mengecek berat badan setiap saat.
Bogor (Antara Megapolitan) - Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, bersama Wali Kota Bima Arya Sugiarto mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), dengan melakukan senam dan jalan sehat mengelilingi pedestrian Kebun Raya, Jumat.

"GERMAS ini adalah gerakan nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Kementerian Kesehatan di Desember 2016 lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah.

Rubaeah menjelaskan, GERMAS diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan karena melihat tingginya kasus penyakit tidak menular yang terjadi di masyarakat.

Melalui GERMAS diharapkan masyarakat dapat melakukan perilaku hidup sehat dengan rajin berolahraga selama 30 menit setiap hari, rutin mengkonsumsi buah dan sayu-sayuran, tidak merokok, dan minum-minuman beralkohol.

"GERMAS juga menganjurkan masyarakat rutin memeriksakan kesehatannya, dengan mengecek berat badan setiap saat," katanya.

Rubaeah menyebutkan, pihaknya sengaja mengajak Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto untuk mengkampanyekan GERMAS dengan berolahraga memanfaatkan infrastruktur pedestrian dan taman yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor.

"Pemkot telah membangun pedestrian seputar Kebun Raya, dan Taman Sempur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga secara rutin," katanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mendukung kampanye GERMAS dan mengajak warganya untuk rutin berolahraga setiap hari sebagai gaya hidup sehat.

"Bogor kini menjadi kota bagi pelari, olahraga sudah menjadi gaya hidup sehat yang kini mulai banyak diminati," kata Bima.

Bima berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pedestrian dan Taman Sempur sebagai sarana olahraga sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan berpikir positif.

"Dinas Kesehatan Kota Bogor harus menjadi garde terdepan dalam pelaksanaan program GERMAS ini," katanya.

Kabag Humas Dinas Kesehatan Kota Bogor, Nia Nurkania menjelaskan, kampanye GERMAS diikuti 150 peserta yang berasal dari pegawai lingkup Dinkes, Puskesmas, Pustu dan rumah sakit.

"Kami ingin memulai gerakan ini dari jajaran Dinkes terlebih dahulu, agenda ini akan rutin dilakukan setiap Jumat, ajak masyarakat bergerak aktif berolahraga, menjaga pola makan, berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayur dan rajin memeriksakan kesehatan serta berat badan," kata Nia.

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga