Selasa, 28 Maret 2017

Jaga Taman Sempur Pemkot Bogor Siagakan `Park Ranger`

id taman sempur, Lapangan sempur, Park Ranger, petugas penjaga taman, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Renovasi, peresmian, bogor
Jaga Taman Sempur Pemkot Bogor Siagakan `Park Ranger`
Pekerja merawat rumput yang ditanam di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto Antara/Yulius Satria Wijaya/Dok)
Sekitar Taman Sempur akan dijaga delapan `Park Ranger` yang bertugas selama 24 jam dibagi menjadi tiga shift.
Bogor (Antara Megapolitan) - Sebanyak delapan petugas penjaga taman atau `Park Ranger` dikerahkan untuk menjaga, mengawasi Taman Sempur yang baru direvitalisasi akhir tahun 2016 dan akan segera diresmikan akhir pekan ini.

"Sekitar Taman Sempur akan dijaga delapan `Park Ranger` yang bertugas selama 24 jam dibagi menjadi tiga shift," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Bogor, Jumat.

Pemerintah Kota Bogor telah melakukan penambahan personel Satpol PP untuk ditugaskan sebagai `Park Ranger` yang akan menjaga sejumlah taman yang sudah dibangun. Penempatan petugas ini untuk mencegah pengerusakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, serta menghindari prilaku melanggar norma kesopanan seperti asusila di kalangan remaja.

"Hari ini pagar penutup Taman Sempur yang selama tujuh bulan terpasang telah dibuka, dan petugas Park Ranger sudah langsung kita kerahkan," katanya.

Rencananya Pemerintah Kota Bogor akan meresmikan Taman Sempur Minggu (5/2). Taman tersebut akan menjadi kebanggaan warga Kota Bogor, dilengkapi dengan `landmark` serta fasilitas olahraga yang sesuai standar internasional.

Terdapat lapangan yang menggunakan rumput asli, dilengkapi tiang bendera permanen seperti di Istana Merdeka, serta lintasan lari yang memadai.

Bima mengatakan, persiapan Taman Sempur sudah hampir 100 persen. Tapi, ada beberapa catata untuk penyempurnaan, seperti lintasan lari yang belum semua merata dengan `Grippel`, pembatas antara lapangan dan lintasan lari, serta pembersihan rumput liar.

Selain segi fisik, Bima juga menyoroti keberadaan parkir dan PKL yang harus ditertibkan, agar fungsi taman dalam berjalan dengan baik. Agar, taman tidak "diduduki" para PKL, akan dipasang tata tertib di area taman.

"Juga ada nomor `hotline` yang dapat dihubungi masyarakat untuk menyampaikan informasi," katanya.

Renovasi Lapangan Sempur telah dilakukan sekitar delapan bulan yang lalu. Pemerintah Kota Bogor menghabiskan biaya Rp2,2 miliar untuk merenovasi Lapangan Sempur yang kini berganti nama menjadi Taman Sempur.

Fasilitas yang ada di Lapangan Sempur lanjutnya, lapangan rumput hijau yang lebih rapi dan cantik, dengan tiang bendera permanen seperti di Istana Merdeka untuk kegiatan 17 Agustus, lintasan lari sepanjang 1.887 meter, fasilitas pedestrian, jalur refleksi, plaza dan penanaman vegetasi.

Menurut Bima, revitalisasi Lapangan Sempur sudah sangat mendesak. Pihaknya banyak menerima laporan dari masyarakat terkait kondisi lapangan tersebut yang sudah tidak representatif lagi baik untuk berolahraga, kumuh dan kotor.

"Warga banyak yang melapor kondisi Lapangan Sempur sudah memprihatinkan, oleh raga tidak bisa, kumuh, kotor, banyak PKL, dan kalau malam suka digunakan buat mojok serta mesum," katanya.

Menurutnya, Lapangan Sempur sebagai bagian dari kawasan utama pusat kota yang harus ditata dan dibenahi, sekaligus untuk menambah fasilitas olah raga di Kota Bogor.

"Lapangan Sempur dan taman-taman yang ada di Bogor diperuntukkan untuk olahraga dan keluarga, tidak dipakai untuk acara promosi apalagi kampanye," katanya.

Peluncuran Lapangan Sempur dipastikan akan meriah, sesuai tema yang diinginkan Wali Kota yakni keluarga dan olahraga serta menggaungkan kembali Bogor sebagai Kota pelari dan kampanye We Love Bogor.

Sebelum peresmian para peserta akan diajak bermain game interaktif, dilanjutkan dengan senam bersama Muspida, para atlet dari berbagai cabang olahraga, komunitas, dan anggota Paskibraka serta Pramuka.

Akan ada senam yang dibawakan oleh Komunitas Bogor Runner berbentuk koreografi bertuliskan Taman Sempur. Lalu ada parade, didahulu oleh Marchingband dari Zeni, diikuti rombongan Muspida, komunitas, dinas, atlet, paskibraka dan pramuka yang akan berputar mengelilingi lapangan. Rangkaian acara akan ditutup dengan `flasmob` dari Gita Suara Pakuan yang membuat formasi kotak menggunakan payung.

Peresmian Taman Sempur juga akan menghadirkan penyanyi solo Adera untuk memeriahkan acara. Adera merupakan putra dari penyanyi kenamaan Ebiet G Ade. Salah satu lagunya berjudul "Melewatkanmu".

Editor: Naryo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga